UDINUS

UDINUS
Universitas Dian Nuswantoro

Sabtu, 13 Oktober 2012

User Friendly Window XP-Win 7

  

User Friendly

 Kenyamanan dan keleluasan user/pengguna untuk menggunakan sebuah software sistem operasi (OS=Operating System) menentukan seberapa kedekatan pengguna dengan OS itu sendiri. Semakin susah sebuah OS untuk dijalankan, maka pengguna semakin menjauhi bahkan menolak kehadiran sistem operasi tersebut tersebut. Oleh sebab itu mari kita ulas faktor-faktor yang menyebabkan sebuah OS dalam Keluarga Window untuk semakin diminati.

 

Window XP


 Kelebihan
·Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap system yang dimilikinya
·Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
·Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada computer lain dari jarak jauh melalui internet.
·Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
·Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara realtime ke seluruh dunia.
·Windows XP relatif hemat resource ketika booting, sehingga lebih stabil dan cepat ketika melakukan booting
·Sudah banyak aplikasi yang dapat mendukung kinerja Windows XP secara maksimal
·Dengan tools yang kompleks namun relatif ringan dan mudah untuk dipahami pengguna sehingga nyaman dan bersahabat serta tidak rumit untuk digunakan
·Pada Windows XP Plug and Play yang bekerja otomatis dan dukungan driver-driver-nya yang competible dengan hardware supliers sehingga mudah untuk mengenali perangkat hardware tambahan yang terkoneksi
·Windows XP lebih stabil dalam kecepatan kinerjanya ketika menjalankan beberapa aplikasi, dikarenakan tidak ada file system untuk aplikasi bawaannya yang rakus resource dan memory ketika dijalankan dan relatif cepat untuk men-decode file-file yang diolah secara berbarengan dengan aplikasi tambahan yang cukup besar untuk mengambil memory CPU.
·GUI yang familiar
·Dukungan driver yang lebih banyak.
·Banyak aplikasi berbasis MS Windows lebih mudah untuk menginstal aplikasi pada MS Windows dibandingkan pada Linux, yang terkadang harus di-configure terlebih dahulu dan Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk  Windows
.

 Kekurangan
·Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap system operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.
·Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.
·Penginstallan driver komputer yang wajib dilakukan untuk pengoptimalan pengguna
·Sistem keamanan yang kurang baik
·Resiko kehilangan data sangat besar dibanding Vista, dikarenakan sistem security centre nya tidak secara otomatis mendeteksi input-output yang tidak dikenal (unknow) ·Dalam Remote Administration Windows XP, Network Securitiy-nya sangat lambat untuk membaca file-file crack yang bercampur dengan file system sehingga saat melakukan Akses Remote sangat rawan dari virus dan penyusup  
·Tampilan Visual Windows XP tidak terdapat Aero (Aplikasi bawaan untuk tambahan tampilan visual ) sehingga tidak memiliki tampilan 3D
·Terlalu banyak system-crash dibanding pada Windows Vist  
·Windows XP tidak dapat menampilkan preview semua file system yang dibawanya  
·Sharing data di area jaringan tidak dapat dilakukan dengan cepat, dikarenakan Firewall-nya terlalu lama untuk menginformasikan lewat security centre terhadap server  
·Windows XP tidak dapat mendeteksi suatu type jaringan untuk dipilih kemudian diaktifkan, ketika terdapat type jaringan dalam satu ruang dan waktu yang bersamaan seperti LAN dan WLAN ·Windows XP ketika ingin merestore file-file sistem harus senantiasa diinstal ulang.


Window Server 2003

 Kelebihan
·Pengoperasiannya Mudah
Cara menginstall windows server 2003 tidaklah terlalu sulit ,bahkan mungkin dibandingkan dengan dengan windows NT yang sangat rumit.

·Fungsionalitas dan Skalabilitas
Ketakjuban yang kedua terjadi saat OS Windows 2003 ini di restart. Proses rebooting ini terjadi sangat cepat, seakan kita tidak sedang menggunakan OS dengan title server, seakan bekerja pada sebuah mesin desktop ringan, hardware pun terlihat tidak terbebani.
·Sangat cocok untuk organisasi/perusahaan besar
Didesain untuk kebutuhan harian perusahaan dan merupakan pengganti dari Windows NT4 Server/ Windows 2000 Server. Windows Server 2003 Enterprise Edition : didisain untuk kebutuhan konsumen skala besar, dan merupakan pengganti dari Windows NT4 Server Enterprise Edition/ Windows 2000 Advanced Server. Windows Server 2003 DataCenter Edition : didisain untuk kebutuhan bisnis yang sangat penting dimana skalabilit.
·Penggunaan DHCP memudahkan pengurusan sesuatu rangkaian komputer di dalam suatu organisasi yang besar. Konfigurasi DHCP Windows Server 2003 adalah mudah.

 Kekurangan
·Windows Server 2003, yang terasa tidak memadai di tengah kemajuan Web 2.0
·Kadang jika kita tidak teliti dalam mengginstall,error selalu ditemui
·Tidak semua Produk aplikasi ( bahkan buatan Microsoft sendiri ) bisa berjalan diatasnya
·Persyaratan hadware yang sangat tinggi
·Kemanan yang kurang tangguh
·Makin banyak type file yang dibuka dengan berbagai macam aplikasi dan telah terinstall aplikasi sesuai dengan kebutuhan sesuai
 



Window VISTA



Kelebihan

-Kedalaman warna lebih tinggi, menyebabkan GUI (Graphic User Interface) lebih indah.
-Bisa membaca RAM sampai 16 GB (tergantung motherboardnya), berbeda dengan XP 32 bit yang hanya mampu membaca RAM maximal 3,3 GB, walaupun dipasang lebih dari itu. Sehingga lebih dipilih untuk proses 3d rendering (desain) yang notabene membutuhkan banyak RAM untuk meningkatkan kecepatan render
-Mendukung direct X10, membuat gerakan dan grafis game menjadi lebih halus dan sedikit lebih realistis walaupun dengan vga yang sama (VGA yang sudah support direct X10 tentunya)


 Kekurangan



-Ukuran source code terlalu besar dan memakan virtual memory cukup besar, sehingga lebih membebani komputer.
-Karena butuh virtual memory cukup besar, maka butuh ram lebih banyak pula. contoh:game² jaman sekarang, pasti kebanyakan minimum specnya:1GB of RAM for XP, 1.5 GB for Vista
-Banyak/beberapa driver tidak compatible, driver XP 32 bit tidak mungkin bias jalan di driver vista 64 bit, sehingga  perlu menginstall ulang driver, atau perlu download lagi untuk versi 64 bit.
-Beberapa aplikasi grafis 32 bit/yang hanya memakai direct X9 ke bawah juga ada yang tidak compatible di vista, kecuali sudah disertakan .exe64 bit didalamnya.
-Belum disamakan dengan diluncurkannya software yang secara eksklusif mendukung dan bersinergi dengan feature-feature vista
-Komponen – komponen yang hilang. WinFS, filesystem yang dijanjikan dan salah satu pilar utama Vista tidak datang dengan Vista. Pengembangan filesystem ini dimulai di tahun 1991, dan hingga kini masih belum terselesaikan.







Window 7

 



Kelebihan

-Menemukan File Dengan Cepat Untuk menemukan file tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

-Melihat Seluruh Jendela Dengan Mudah Pada saat banyak jendela terbuka, kadang kita bingung nama atau isinya. Windows 7 membantu anda menengoknya dengan mudah dengan hanya mengintip dari taskbar.

-Mengintip Diam-Diam Desktop Anda,  Sering kali kita harus menutup jendela satu per satu untuk melihat desktop. Fitur Aero Peek membantu anda mengintip desktop tanpa menyentuh jendela.

-Mencari Apa yang Diinginkan Dengan Sangat Mudah Jump List pada Windows 7 membantu anda mencari file, lagu, gambar, atau dokumen lainnya dalam desktop secara cepat. Hal ini mengurangi waktu terbuang anda menemukan dokumen yang kemarin dioperasikan.

-Membandingkan 2 Jendela Satu Sama Lain Fitur Snap membantu kita melihat kembali jendela dengan lebih baik dan memudahkan membandingkan 2 dokumen satu sama lain.

-Satu Klik Dapat Semua Dengan fitur pin, anda dapat mengakses taskbar dengan satu klik.

-Set-up Nirkabel Dengan Mudah Dengan Windows 7 set-up nirkabel jauh lebih mudah.

-Berselancar di Internet dengan Cepat, Aman dan Mudah Internet Explorer 8 membuat penggunaan internet jadi lebih cepat, aman dan mudah.



Kekurangan

-Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7-Bug pada Windows Player 12-Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7-Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows 7
-Banyak perbedaan antara versi starter dan ultimate 


Window 8

Kelebihan
-Dioptimalisasi untuk layar sentuh
Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.

-Mendukung chip ARM
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

-Waktu boot yang singkat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

-Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC
Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini

-Toko aplikasi Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

-Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.




Kekurangan

-Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI.
Developer menemukan adanya pergantian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI. Hal tersebut dinilai tidak masuk akal dan sangat membingungkan. Berpindah dari aplikasi Metro dan aplikasi desktop sangat sulit dilakukan.

- Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons.
Ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar. Saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi maka screen Metro akan terlihat semrawut.

- Sulit berpindah antar screen.
Tidak adanya fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain mungkin merupakan hal yang sangat sulit. Sebagai gantinya, di Windows 8 Metro UI kita tidak bisa menggunakan pointer atau finder untuk meletakkan screen di sisi kiri dan melakukan drag. Kedengarannya sangat sepele, tapi masalah akan muncul saat kita bekerja dengan banyak aplikasi. Tidak ada cara cepat dan mudah untuk berganti antar aplikasi. Jika menggerakkan mouse ke arah kiri maka sebuah icon akan pops up. Dan jika tidak tepat maka kita harus klik beberapa kali atau mencoba lagi.

- Metro multitasking.
Jika sobat menggunakan aplikasi Metro (untuk tablet) di Windows 8, screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Untuk pemula hal itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal.

- Metro.
Metro memang bisa bekerja baik di tablet tapi UI tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada desktop. Sulit dilakukan untuk sobat yang menggunakan Notebook. Sehingga secara default Windows 8 tidak mungkin bisa melakukan booting ke Metro UI. Dengan kata lain Microsoft perlu memberikan kill-switch untuk mematikan Metro UI.

- konten Flash di Tablet PC.
Ternyata Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini adalah untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan pada beberapa aplikasi dan perangkat elektronik lainnya, penggunaan konten Flash justru menyebabkan data rusak atau crash.



Setelah kita amati, mungkin data diatas lebih merujuk kelemahan dan kelebihan software itu sendiri. Mengapa demikian?karena kelemahan dan kelebihan software yang saya cantumkan ini sangat mempengaruhi kenyamanan user dengan software window (User Friendly). 


Sekian informasi mengenai User Friendly pada Window, terima kasih atas perhatiannya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya sedang belajar di Universitas Dian Nuswantoro Semarang Jurusan yang saya tempuh adalah DKV(Desain Komunikasi Visual) Blog yang saya buat dulu(http://teguh-cipta.blogspot.com/), akan dipindahkan ke blog ini