UDINUS

UDINUS
Universitas Dian Nuswantoro

Jumat, 14 September 2012

Anime Festival Asia 2012 Indonesia



Anime Festival Asia yang disingkat AFA datang ke Indonesia!!(1-2 September 2012)

Pertama-tama saya ucapkan maaf, karena waktu yang terlalu lama dalam pembuatan blog ini, dikarenakan kekurangan sumber artikel dan beberapa kendala lainnya.
Pada blog kali ini, saya ingin menceritakan pengalaman saya saat mengikuti festival Jejepangan yang fenomenal di Jakarta, yaitu Anime Festival Asia atau disingkat AFA.
Acara yang dilaksanakan dalam 2 hari itu, menjadi daya tarik tersendiri pada penggemar Jejepangan, karena acara ini merupakan yang pertama kali di Indonesia. Dan tamu-tamu yang diundang juga merupakan idola yang sudah dikenal dekat oleh para penggemarnya di Indonesia. Sehingga tak heran lagi, banyak orang berdatangan dari luar kota, bahkan luar pulau untuk menyaksikan acara tersebut.


Apakah itu AFA?
Anime Festival Asia (AFA) adalah sebuah konvensi/Festival anime yang diselenggarakan oleh Sozo dan Dentsu . Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008, di mana penyanyi Ichirou Mizuki dan May'n diundang sebagai bintang highlights. Sejak saat itu telah diadakan setiap tahun di Suntec Singapore International Convention dan Exhibition Centre, Singapura.

AFA menjadi sukses besar dengan debutnya di tahun 2008 karena itu menjadi yang pertama di Asia Tenggara. AFA juga mendatangkan pembicara dari tokoh-tokoh industri anime dan diundang untuk membahas prospek industri di Jepang, kemudian bersosialisasi dan membentuk kemitraan yang unik untuk lebih mengembangkan adegan anime / manga.
AFA juga merupakan pengenalan daerah
-daerah di Jepang untuk ditampilkan pada khalayak umum. Menampilkan dan merayakan cinta mereka untuk Kebudayaan Jepang yang populer.

Sumber:wikipedia

Hari Pertama -Sabtu, 1 September 2012
AFA Indonesia diadakan di Pekan Raya Jakarta, JI EXPO. Pada saat pertama datang, saya melihat antrian pengunjung yang sudah berdatangan untuk segera membeli tiket masuk ke AFA. Melihat antriannya saja sudah menghebohkan, saya dan teman-teman saya pun terpaksa mengantri dan menghabiskan sekitar 2 jam untuk pembelian tiketnya @_@
Harga tiket tersedia dalam tiga macam:(1 hari)
Exhibit akses-->50 ribu
Tiket untuk dapat memasuki area stand saja
Exhibit+Stage-->125ribu
Tiket untuk dapat memasuki area stand dan stage
dan
Anisong Stage
Dapat memasuki semua area+konser(berdiri)-->350 ribu
Dapat memasuki semua area+konser(duduk)-->600 ribu

Berikut adalah penampakan antrian:




Eh Ada Shizuka sama Nobita nongol :3



With my friends, yey we got the tickets XD



Yeah... Karena sambil menunggu teman membeli tiket, saya sempat foto dengan cosplayer yang satu ini... Hadogei :vSetelah beberapa jam menunggu dan konser Kaname dan talkshow vivian wijaya berakhir, akhirnya bisa masuk juga ke AFA =w=/
Jam 12 saya dan teman-teman saya mulai masuk ke area, kemudian terlihat sudah banyak sekali penghuni disana :v
Cosplayer dimana-mana, begitulah pemandangan disana. Mereka mempersiapkan sedemikian rupa untuk memerankan karakter kesukaannya.



Beberapa aktivitas lainnya


Me and Friends ^__^


Beberapa penampakan Cosplayer






Eitt, orang ganteng lewat... XD





Kemudian Saat memasuki Stage, Danny choo tampil dengan membawakan presentasinya untuk mempromosikan "MIRAI" karakter buatannya dan kartu MOEKANA untuk belajar bahasa Jepang. Disini Danny juga memutarkan videonya saat menjadi troopers dan menari di London dan Tokyo, dia menari sangat lucu, sehingga orang-orang tertawa melihatnya


Belum tau siapa danny? cek WEB nya

Setelah Danny choo selesai, maka kali ini acara pertunjukkan cosplay,saya sungguh terpukau oleh penampilan cosplayer-cosplayer yang sedang berkompetisi.


Kemudian pada sore harinya saatnya 7!!, Bless 4, Ichiro Mizuki, dan LISA tampil menghibur pemegang tiket anisong =w=/
sedangkan saya pulang, karena tidak membeli tiket anisong >__<

Hari Kedua -Minggu, 2 September 2012
Akhirnya saya kembali di hari kedua AFA! Tidak seperti hari pertama, hari kedua tidak begitu ramai dalam mengantri, kemungkinan pengunjung sudah memesan tiket hari kedua pada hari pertama :v



Karena sudah hari terakhir, saya langsung masuk ke stage saja dan melihat talkshow dari cosplayer asal Taiwan...Akatsuki Tsukasa

Kemudian acara selanjutnya adalah melihat trailer dari anime Eureka Seven AO
dan K

Acara selanjutnya adalah Cosplayer competition yang juga pemenang World Cosplay Summit (WCS) ikut memeriahkan acara ini






Entah kenapa saat penampakan orang yang satu ini, penonton wanita teriak dengan histeris....
KANG NAMEE~
Kaname kaliii wkwkwkkw, memang sih kegantengannya melebihi saya *plak


Satu... Dua.... Sepuluh!! Yap dan inilah akhir acara XD
And they here are.... The Winner of ARCC, Omedetou XD

EIIITTT.... mentang-mentang menang boleh pegang sembarangan?
Gantian dong...wkwkwk
Pemenang ARCC mendapatkan uang cash 10 jt dan berhak pergi ke Jepang >___<
Wowww Sugoiii kan? Nah tertarik kah kalian memasuki dunia cosplayer??

Setelahnya saya dan teman2 memutuskan untuk jalan-jalan ke stand area :3

Disana terdapat banyak Action Figure yang dipajang dan dijual serta Stand makanan....





Booth Dany Choo

UPS... Thats me, with Mirai Car >___<



Untuk stand terakhir, saya dan teman-teman menyempatkan diri untuk datang ke Stand
MMK(Moe Moe Kyun maid cafe), MMK merupakan restoran unik di Jepang, yang melayani pengunjungnya dengan semanis mungkin(Moeee) nah untuk merasakannya, maka di AFA akan ditampilkan stand ini.

Ini lah Butler dan Maid yang akan melayani anda di dalam...

Nah, bagi cowok masuknya pasti ke MMK, kalau cewek?
pastinya ke Atelier Royale Butler Cafe donk, disana pelayan/butler ganteng-ganteng akan melayani anda seperti ratu :3
Seperti apa rasanya?silahkan pergi ke AFA Singapore setelah ini, karena saya menikmati MMK :3
Penampakan cwo ganteng...
Waktu kami datang, petugas berkata, makanan sudah habis, dan ternyata hanya tersisa minuman saja @_@
Ya sudahlah... *ala lagu Bondan
Kami juga datang untuk melihat Maid-nya kok *evil laugh
Kemudian saat hendak masuk, tiba-tiba Danny keluar dari Stand MMK, dan langsung memfoto yang ada di depannya, sayang penampakanku tertutup ama orang gemuk kacamata di depanku T___T
Yah setidaknya temanku masuk foto :3
h

Tuh temenku kan yang masuk >__<
kalau ngga percaya nih buktinya kalau dia temenku
*maksa amatKemudian masuk deh di MMK, baru masuk saja sudah dilayanin dengan senyum manis Maid-nya, karena ngga bisa bahasa Jepang, Ya sudah saya jawab "Hai Haii" saja wkwkwk

Tradisi unik di MMK ini adalah butler/maidnya akan memberi contoh gerakan-gerakan yang harus dilakukan bersama-sama sebelum memulai makan, saya sih ngikut-ngikut saja *ngga tau lagi ngapain
Bahasa Jampinya adalah
Moe Moe Kyun~
Power Up
Sambil nari ala hawaii, wkwkwkwk
it's kawaaiiiiiii ne~
Seharusnya kalau membeli makanan, si maid akan menggambarkan suatu gambar melalui saus yang akan dilukiskan pada makanan kita.... but forget it, its to expensive @___@
minimal makanan disini berharga 100 ribu, dan minumnya 25 ribu @___@Me looking for ringo's photo XD
Disela-sela para pengunjung selesai makan dan minum, Si Maid akan mendatangi satu-persatu pengunjung untuk di ajak bermain JAN KEN PO ala Moe Moe Kyun, yang menang mendapatkan satu kartu MOEKANA dari Si Maid. Kalau saya sih sudah pasti menang *like a boss


MOEKANA cardd !!!!
Ini nih, Salah satu coretan Maid di MMK, ITADAKIMASUU! :3



Sebenernya mau foto gratis sama "mbak", eh Maid-nya tapi peraturannya ngga boleh bawa masuk kamera sih @___@
Ternyata setelah menikmati hidangan, pengunjung diperbolehkan untuk berfoto dengan si maid, boleh pilih kok, asal bayar cukup dengan 50 ribu SAJA
Nih contoh Foto temenku yang berharga 50 ribunya LOL


Nah ada keberuntungan kepada pengunjung yang datang pada hari kedua dan tidak membeli
tiket Anisong...
Karenaaa....
Tiketnyaaa....
di.....
GRATISKAN
Entah karena ada Guest yang tidak datang atau sepi(mungkin belum begitu terkenal)

Kasihan yang udah bela2in jual tiket...
Tapi untungnya di udah laku.....haha, congratz bro

Karena sudah terlalu lelah, walaupun gratis saya akhirnya pulang...@___@
Angela, Kotoko, SeaA, dan Stereopony on the stage =w=/

Sekian cerita petualangan saya di acara yang dibuat seperti berada Jepang, Semoga bisa menambah pengalaman para pembaca......
Dan dengan pembuatan artikel ini bukan berarti saya tidak menyukai budaya Indonesia, malah sebaliknya dari cerita saya ini ingin sebagai contoh, bisakah Indonesia memperkenalkan budaya seperti Jepang memperkenalkan budayanya pada kita??
thanks for the attention and see u in other topic >___<
Ganbatte Indonesia-Jepang!!!!


Sumber Link:

3 komentar:

  1. yang VIP mah tetep butuh tiket atuh beroo...
    kalo yang standing iya gratis...

    BalasHapus
  2. @ichi: thanks for write my blog XD
    @reza: iya maksudnya yang berdiri, tengkyu koreksinya :)

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Saya sedang belajar di Universitas Dian Nuswantoro Semarang Jurusan yang saya tempuh adalah DKV(Desain Komunikasi Visual) Blog yang saya buat dulu(http://teguh-cipta.blogspot.com/), akan dipindahkan ke blog ini