UDINUS

UDINUS
Universitas Dian Nuswantoro

Minggu, 30 September 2012

Diskusi IMK (Interaksi Manusia Komputer)


1. Bagaimana pendapat anda mengenai warna dalam IMK, jelaskan?

Warna dalam komputer sangat berguna terutama sebagai perumpamaan karakter suatu desain jadi antara interaksi manusia dan komputer dalam warna itu sangat penting karena warna mengandung unsur sifat dari warna itu sendiri.


Saat membuat aplikasi, para desainer harus memahami psikologi warna agar pencampuran warna tidak membuat mata merasa tidak nyaman dan cepat lelah karena mata harus melakukan penyesuaian dengan warna tampilan yang digunakan. Aspek dlm memakai warna di desain aplikasi : aspek psikologis, perseptual dan kognitif.



2. Mengapa manusia begitu penting dalam IMK?

Karena manusia berperan dalam menciptakan sistem yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi yang dapat disampaikan dan sebagai alat bantu pengambil keputusan. Dengan terbentuknya sistem maka dalam mengatur suatu hubungan itu menjadi lebih mudah. Manusia adalah pemahaman bagaimana suatu komputer itu dapat bekerja sehingga saling berinteraksi dalam dunia yang berbeda.

contoh : dalam dunia komputer sistem itu sangat penting jadi sistem itu lah yang mengatur semua hal atau komponen yang ada pada komputer tersebut.

 

3. Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat diperlukan untuk mengakomodasi expert frequent user

  1. Ahli dan mengetahui secara detail kegunaan dari fungsi-fungsi software.
  2. Dapat menggunakan fungsi-fungsinya dengan optimal.
  3. Membutuhkan respon yang cepat dan tidak memerlukan feedback.
  4. User memerlukan adanya perintah macro.
  5. Menu-menu yang ada dibuat ringkas dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya sedang belajar di Universitas Dian Nuswantoro Semarang Jurusan yang saya tempuh adalah DKV(Desain Komunikasi Visual) Blog yang saya buat dulu(http://teguh-cipta.blogspot.com/), akan dipindahkan ke blog ini